Friday, 1 July 2016

Kegiatan Kewirausahaan Di Sekolah

Kegiatan Kewirausahaan Di Sekolah - Sekolah merupakan wadah dan tempat belajar untuk para siswanya, dan dapat kita jumpai dibeberapa sekolah terdapat mata pelajaran kewirausahaan. Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan. 

Tantangan smk

Pihak sekolah harus mampu menyelenggarakan pembelajaran untuk pencapaian kompetensi yang produktif dan sekaligus kompetensi yang lainnya agar dapat mempunyai nilai tawar yang tinggi dalam menghadapi persaingan

diperlukan adanya sistem pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa bukan sekedar simulasi dalam hal bekerja

diperlukan sistem pendidikan yang adaptif, fleksibel dan profesional, Unit Bisnis harus dapat menjadi wahana dan wadah bagi peserta didik untuk melakukan praktik kerja sebagaimana mereka melakukan praktik kerja industri


UNIT PRODUKSI

proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah, berkesinambungan bersifat bisnis dengan para pelaku warga sekolah, mengoptimalkan sumber daya di sekolah dan lingkungan sekitar dalam berbagai bentuk unit usaha yang dikelola secara profesional

aktivitas bisnis yang dilakukan secara berkesinambungan dalam hal mengelola sumber daya sekolah sehingga mampu menghasilkan produk atau jasa yang mendatangkan keuntungan

Tujuan UNIT PRODUKSI

Berdasarkan Direktorat PSMK 2006 unit produksi memiliki tuujuan yakni :
  • meningkatkan kualitas tamatan sekolah
  • wahana pelatihan berbasis produksi dan atau jasa
  • wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
  • sarana praktik produktif secara langsung
  • Membantu pendanaan biaya operasional pendidikan
  • Menambah semangat kebersamaan dan menjadi wahana peningkatan aktivitas produktif
  • mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri
  • Melatih untuk berani mengambil risiko dengan perhitungan yang matang
  • Mendukung pelaksanaan dan pencapaian PSG
  • praktik yang berorientasi pada pasar
  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi warga SMK
  • Menumbuhkan sikap profesional produktif
  • Melatih siswa untuk mandiri khususnya dalam mendapatkan kesempatan kerja
  • terbukanya fasilitas untuk umum dan hasil-hasil produksinya
  • Meningkatkan intensitas dan frekuensi kegiatan intra, ko, dan ekstra kurikuler
  • Membangun kemampuan sekolah dalam menjalin ker-jasama sinergis dengan pihak luar


Fungsi UNIT PRODUKSI

Sebagai sub sistem yang melak-sanakan peningkatan keterampilan, kreativitas, serta profesionalitas
Wadah inovasi pengembangan kurikulum mulok
Tempat pelaksanaan uji kompetensi dan penyusunan standar kemampuan dasar produktif
Pendukung pengembangan dan perawatan peralatan serta fasilitas sekolah
Pendukung peningkatan kesejahteraan
sarana promosi sekolah

Keterkaitan UNIT PRODUKSI dengan KBM
  • Meningkatkan keahlian baik teknis maupun wawasan ekonomi
  • terkait dengan KBM sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  • melibatkan siswa pada proses produksi dalam jam belanja
  • Perencanaan Proses Belajar Mengajar
  • analisis GBPP
  • analisa pekerjaan


BISNIS CENTER

memberikan media pembelajaran bagi peserta didik Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Mana-jemen dalam hal : 
  • Menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha
  • Memberikan pengalaman langsung berinteraksi dengan konsumen
  • Melakukan survey pasar untuk menentukan produk yang dibutuhkan konsumen

Baca Juga : Penerapan Metode Pembelajaran INOVATIF Baca Juga : Metode Pembelajaran INOVATIF

Pengertian Bisnis Center

merupakan suatu kegiatan di sekolah yang berfungsi sebagai pusat kegiatan dengan jual beli barang maupun jasa dengan memanfaatkan semua sumber yang ada di sekolah yang bersangkutan
bagi peserta didik dapat berfungsi sebagai tempat meningkatkan keterampilan seperti mereka benar-benar terjun di lapangan pekerjaan

menjual jasa maupun merencanakan pekerjaan, menghitung biaya pembuatan dan biaya penJualan, melaksanakan pekerjaan, mengontrol kualitas dan menjual barang hasil kerjanya

Tujuan Akademik Bisnis Center

Menciptakan sikap dan etos kerja yang positif bagi peserta didik dengan melaksanakan pendidikan untuk berwirausaha. Menjamin perkembangan yang seimbang pada individu  yang berkaitan dengan phisik, emosi, mental, sikap, nilai moral, dan estetika
  • Mendidik peserta didik untuk mengalami fase kerja dalam berbagai tugas
  • Mencari bentuk integrasi yang kuat antara teori dari praktik
  • Mengkaitkan antara problem yang dihadapi peserta didik dalam belajar dengan problem kerja
  • memperkokoh  antara guru-peserta didik karena diperkaya dengan aspek hubungan manajer dan pekerja
  • Lebih mudah bagi guru dalam mengajarkan arti produktivitas dan cara menaikinya, sekaligus tentang dampak yang mengikutinya


Tujuan ekononi Bisnis Center
  • menemukan sumber finansial untuk pembia-yaan pendidikan
  • memberikan penghasilan tambahan warga sekolah
  • meningkatkan pendayagunaan (optimalisasi) sumberdaya pendidikan
  • sarana mengikuti perkembangan aktivitas pro-duksi di industri dan masyarakat
  • membentuk dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi peserta didik sebagai penyedia lapangan kerja


Tujuan sosial Bisnis Center
  • pendidikan yang didasari dengan sema-ngat kebersamaan
  • Memperpendek masa transisi bagi peserta didik
  • Memberikan gambaran masyarakat dunia  usaha untuk lebih mengenal kondisi riil
  • Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membantu secara langsung proses pendidikan
  • sarana pengenalan produk peserta didik kepa-da masyarakat
  • akuntabilitas sekolah akan kualitas lulusan 
Bentuk Bisnis Center
pengembangan usaha pada toko/koperasi yang ada di SMK
usaha/ bisnis eceran (ritel), yang langsung menjual kepada konsumen
pengecer dapat digolongkan menurut:
                (1) luasnya lini produk;
                (2) bentuk pemilikan;
                (3) penggunaan fasilitas
                (4) ukuran toko.
Toko Khusus (TK)
Toko Serba Ada (TOSERDA)
Pasar Swalayan (minimarket)
Toko Convennience
Toko Super
Toko Diskon
Pengecer Potongan Harga
Ruang Jual Catalog
MOM & POP Store

TEACHING INDUSTRY
Teaching industry is a concept that uses practice and application oriented approach, were both the learning and real working environment are experienced by the student.

Teaching Industry mission are:
  • to enchance the skills and knowledge of future graduate;
  • to contribute in enchancement of the  competitive  level manufacturing industries;
  • to promote the facilities the development and research activities (anonimous, 2009b)

teaching industry it is concept which adopt practice and application-oriented training and working environment from which realistic and relevant learning experiences arise (anonimous: 2009c)

Teaching industry adalah suatu konsep pembela-aran dalam suasana sesungguhnya, sehingga dapat men-jembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan Industri dan pengetahuan sekolah. Teknologi pembelajaran yang bersifat inovatif dan praktik yang produktif merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen siswa didalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri (IGI, 2007)

STRATEGI PEMENUHAN PERALATAN MURAH

Bekerja sama dengan mitra industri lokal/internasional untuk penyediaan sparepart peralatan SMK
Bekerjasama dengan mitra industri lokal/ international untuk merakit peralatan-peralatan SMK
Mengembangkan Teaching Industry di SMK

Mengarahkan praktek siswa kepada pembuatan sparepart peralatan SMK sesuai dengan kompetensi keahlian siswa yang relevan

STRATEGI PEMENUHAN PENGAJAR DALAM WAKTU PENDEK

                Bekerjasama dengan mitra industri untuk membantu pengajaran produktif di SMK, dengan demikian akan terjadi transfer knowledge sekaligus transfer value dan perkuatan budaya industri pada diri peserta didik

KONSEP PENGEMBANGAN TEACHING INDUSTRY BERBASIS SMK

Memperkuat Kemampuan Adaptif
Memperkuat Kemampuan Dasar Matematika Terapan dan Sains Terapan
Memperkuat Kemampuan Wirausaha (Marketing, Keuangan dan Hukum Bisnis)
Memperkuat Penguasaan Bahasa Nasional dan Internasional
Memperkuat Penguasaan Kompetensi Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengembangkan Kemitraan SMK – Industri (Teaching Industry)

PROGRAM KEMITRAAN
ZYREX – SMK
ADVAN – SMK
LINTOP – SMK
SUNWAY – SMK
ETTO – SMK

PROGRAM  TEACHING INDUSTRY  BERBASIS KEMITRAAN SMK – INDUSTRI

Bidang Manufaktur
Machine Tools and Hand Tools
Agro Industry
IT Hardware, Software and Electronic
Automotive/Vehicles
 Business Retail/Services
 Agro Business (Pertanian, Peternakan dan Perikanan)

PRODUK  TEACHING INDUSTRY MANUFAKTUR  BERBASIS KEMITRAAN SMK

INDUSTRI
TIK (Zyrex, Advan, Lintop, Sunway,  Etto)
Komputer PC
Komputer Laptop/ Notebook
LCD Monitor
Projector
Mesin Perkakas (Shigata, Headman, Tosuro, Sarimas, Perkasa, ATMI)
Mesin CNC Milling
Mesin CNC Lathe
Machining Centre
Hand Tools
Welding Machine
Wood Working Machine
Transportasi (Kanzen, AIK, PTDI, Agrindo, National Motor, Jinbei)
Sepeda Motor
Engine Bensin “ESEMKA 1.5i”
Mobil “ESEMKA”
Pesawat Terbang
Kapal Laut
Alat-Alat Pertanian (Agrindo, ALMAS)
Hand Traktor
Elektronik (Korex,  Aimox, Hanamaster)
LCD TV, DVD Player,
Blender, Rice Cooker, Mixer, Juicer, Kettle,
Lemari Es, AC, Mesin Cuci

Ketentuan Berkomentar :

1. Dilarang berkomentar diluar topik

2. Jika kurang paham silahkan ditanyakan
EmoticonEmoticon