PENGERTIAN PEMIMPIN VISIONER - Pemimpin visioner merupakan materi umum yang disampaikan dalam pembelajaran kewirausahaan pada jenjang sekolah terutama smk, pihak sekolah dituntut harus melahirkan pemimpin visioner, menjadikan siswa-siswa lulusannya menjadi pribadi yang percaya diri dan dapat bersaing di ranah industri.berikut adalah penjabaran tentang pengertian, kualifikasi dan bagaimana sikap seorang peimpin visioner.
DESENTRALISTIK/ OTONOMI
baru setiap staf di SMK
diberi otonomi untuk mengambil keputusan sesuai dengan tugas pokok dan
fungsinya.
Paradigma baru ini akan
mendorong masing-masing staf sekolah menyadari akan tanggung jawabnya, karena
harus mengambil keputusan sekaligus bertanggung jawab atas risiko dari
keputusannya
DEMOKRATIS/ SITUASIONAL
keputusan diambil secara
demokratis dengan mempertimbangkan situasi yang terjadi dan kondisi yang ada.
Keputusan diambil dengan
berpegang pada ketentuan yang berlaku namun tetap mempertimbangkan kondisi dan
daya dukung keadaan sehingga keputusan dapat dilaksanakan
AKUNTABEL
Pertanggungjawaban dilakukan berdasarkan
kesadaran akan akuntabilitas, keseimbangan antara cost and benefit
TRANSPARAN
mengambil keputusan perlu menjelaskan latar belakangnya sehingga dapat
dipahami oleh segenap warga sekolah.
mengikutsertakan warga sekolah untuk terlibat dalam memberikan pertimbangan
sebelum keputusan diambil
warga sekolah memahami setiap keputusan dan merasa berkepentingan untuk
kelancaran pelaksanaannya
MELAYANI
pemimpin adalah pelayan yang merelakan waktu, tenaga dan pikirannya bila perlu dana untuk
melayani pihak yang dipimpinnya
SMK adalah sekolah yang harus mengembangkan budaya pelayanan kepada
stakeholders-nya
Kepala SMK harus memberikan layanan kepada guru agar mereka dapat
menyelenggarakan ‘joyful learning’ dan
melayani industri untuk penyiapan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya
INOVATIF DAN
KREATIF
inovasi dan kreativitas dikembangkan
Sesuatu yang berbeda yang menggunakan teknik yang lain dapat dicoba dan
diterapkan sehingga ditemukan cara baru yang menyenang-kan efektif dan efisien
melakukan sesuatu yang baru agar segala sesuatu lebih dinamis diberi
kemungkinan
PROVOKATIF
- Menyusun program-program yang dapat mengembangkan pemberdayaan segenap potensi sekolah, meskipun sekolah lain tidak melakukan dan Dinas Pendidikan tidak menganjurkan
- warga sekolah didorong untuk mempu-nyai keberanian untuk menerapkan sesuatu yang baru dan lebih baik serta memberikan nilai tambah
MENSUGESTI/
MENGAJAK
bukan lagi memerintah tetapi mengajak, mendorong partisipasi sehingga staf
dapat terlibat dengan senang hati. Dengan mengajak staf dapat tersugesti bahwa apa yang dilakukannya berguna
untuk dirinya dan untuk kepentingannya juga
KOLEGIAL/ EGALITARIAN
- Kepala SMK harus menempatkan staf sebagai mitra kerja yang bersama-sama membangun dan mengembangkan sekolah.
- Staf di sekolah ditempatkan sebagai kolega dalam menghadapi dan mengatasi masalah
PROFESIONAL/
DINAMIS
Dalam paradigma baru semua urusan harus dikerjakan oleh orang yang tepat,
mempunyai kewenangan dan kompetensi untuk itu.
Proses dapat dilakukan secara dinamis untuk memperlancar penyelesaian
pekerjaan
KEBERAGAMAN
perbedaan dimungkinkan dan diakomodir untuk dikembangkan hal-hal baru yang
kreatif dan inovatif.
Keberagaman dimungkinkan untuk mendapatkan ekspresi yang berbeda dan bisa
saja menjadi sesuatu yang baru
KRITIK
DIBUTUHKAN
- budaya kritik yang membangun dibutuhkan
- Semua pihak dapat menyampaikan keberatan dalam upaya memperoleh hasil yang terbaik
- Kritik juga dibutuhkan untuk mampu melihat kekurangan diri dari sudut pandang orang lain
- Dengan kritik, kemajuan dapat dicapai karena kritik dijadikan sebagai masukan yang ditanggapi serius dan kepekaan dalam melayani berbagai pihak secara prima
KOMPETISI
DIKEMBANGKAN
- kompetisi justru dikembangkan agar tumbuh iklim berprestasi
- mengakui kelebihan pihak lain, kemudian mengembangkan potensi diri agar mampu menyajikan yang lebih baik dari kompetitor
- Kompetisi sehat dapat melatih sportivitas dan sikap obyektif
MEMPERMUDAH
pelayanan prima dan kemudahan-kemudahan sangat dimungkinkan
Informasi dapat diakses dengan berbagai cara, struktural mengubah dirinya
dari birokrasi menjadi pelayanan
Biro-krasi yang bisa singkat diperpen-dek, biaya yang tinggi diefisienkan,
diperlancar dan tidak berbelit-belit.
SADAR DARI MANA ASAL GAJINYA
- Semua pihak yang bekerja harus menyadari bahwa dirinya digaji oleh rakyat
- Rakyat yang memungkinkan sekolah melaksanakan aktivitasnya.
- meningkatkan pengabdian kepada rakyat dengan memberikan layanan kepada masyarakat
JABATAN SEBAGAI AMANAH
Bukan saatnya, mengambil keputusan selalu hanya dengan alasan semata-mata
mempunyai kekuasaan dan hak prerogatif. melaksanakan jabatannya dengan penuh sikap pelayanan dengan melakukan yang
terbaik sebagai ungkapan syukurnya kepada Tuhan Sang Maha Pemberi (termasuk
pemberi jabatan)
TEGAS/ KONSISTEN
Setiap kesalahan diperbaiki supaya dapat mencapai standar.
Pemenuhan standar ini harus dipatuhi secara taat azas, sehingga budaya
kualitas akan dikembangkan secara konsisten
TIDAK
MENGANDALKAN JUKLAK
tidak perlu menunggu juklak tetapi lakukan inovasi, yang penting tidak
melanggar ketentuan yang berlaku.
Dengan tanpa juklak akan muncul berbagai ide kreatif untuk mencapai tujuan yang ditetapkan
PEKA
Memberi perhatian terhadap kritik, keluhan dan input lainnya
Memperhatikan dan mengelola emosi yang muncul akan menjadikan organisasi benar-benar
berkembang sebagai mitra masyarakat
MENGELOLA KONFLIK
menjadikan konflik sebagai hal yang tidak perlu dihindari.
Konflik justru dihadapi untuk dapat menjadi sarana berkembangnya upaya
kreatif
Pengelolaan konflik dilakukan untuk membangun tim agar dapat terlatih dalam
pemecahan masalah.
Ketentuan Berkomentar :
1. Dilarang berkomentar diluar topik
2. Jika kurang paham silahkan ditanyakan
EmoticonEmoticon